Sejalan dengan keberhasilannya dalam melaksanakan program transformasi perusahaan, “Quantum Leap 2011 – 2015”, kinerja Garuda Indonesia semakin diakui di tingkat internasional. Setelah berhasil meraih “The World’s Best Regional Airline” pada tahun 2012 lalu, maka pada hari ini Kamis (18/6), Garuda Indonesia kembali berhasil meraih predikat “World’s Best Economy Class 2013” dari Skytrax – lembaga pemeringkat penerbangan independen yang berkedudukan di London. Garuda Indonesia berhasil mengalahkan kandidat lainnya yaitu Singapore Airlines dan Asiana Airlines. Selain itu, dalam kesempatan yang sama, Garuda Indonesia juga berhasil meraih award “Best Economy Class Airline Seat 2013” dari Skytrax. Pencapaian ini merupakan milestone yang membanggakan pada tahun ini mengingat tahun lalu gelar ini diraih oleh Singapore Airlines. Garuda Indonesia pada tahun lalu berada diperingkat empat dari “The Top Five Economy Class Airline”, setelah Singapore Airlines, Qatar dan Asiana Airlines. Achievement ini merupakan hasil dari upaya berkelanjutan Garuda Indonesia dalam berbagai program peningkatan layanan yang dilaksanakannya. Penyerahan award sebagai “The World’s Best Economy Class” tersebut dilakukan bersamaan dalam acara pameran dirgantara terbesar dunia – Paris Airshow, oleh CEO Skytrax Edward Plaisted dan Richard Quest (CNN) kepada Direktur Utama Garuda Indonesia Emirsyah Satar pada acara yang dilaksanakan di Hall de la Cocarde, Air & Space Museum, Paris Airshow. Penetapan Garuda Indonesia sebagai “The World’s Best Economy Class” tersebut didasarkan pada “customer satisfaction survey” yang dilaksanakan secara global yang melibatkan lebih dari 18 juta penumpang, yang terdiri dari 100 kewarnegaraan yang berbeda-beda. Survei dilaksanakan terhadap lebih dari 200 perusahaan penerbangan internasional terbesar hingga penerbangan tingkat domestik dan mengukur lebih dari 38 aspek produk dan layanan yang diberikan oleh perusahaan penerbangan. Survei dilaksanakan mulai bulan Juli 2012 hingga Juni 2013. Direktur Utama Garuda Indonesia, Emirsyah Satar mengatakan bahwa terpilihnya Garuda sebagai “World’s Best Economy Class 2013″ tahun ini merupakan hasil kerja keras dan komitmen seluruh karyawan Garuda Indonesia dalam memberikan layanan terbaik kepada para pengguna jasa dan untuk mewujudkan visi Garuda menjadi “Global Player”. Berkat komitmen kuat manajemen dan karyawan dalam memberikan yang terbaik, kinerja Garuda Indonesia secara bertahap terus diakui di tingkat internasional; dan hal ini mendorong Garuda Indonesia untuk terus melanjutkan program “Quantum Leap 2011 – 2015″ dimana Garuda Indonesia akan menjadi airline bintang lima, dan akan mengoperasikan 194 pesawat pada tahun 2015 nanti. Sejalan dengan peningkatan layanan yang terus dilaksanakan, Garuda Indonesia juga akan meluncurkan layanan “First Class” pada awal Juli nanti sejalan dengan tibanya dua pesawat Boeing 777-300ER kedalam jajaran armada Garuda Indonesia akhir Juni, dan dua pesawat lagi pada akhir tahun ini. Pesawat “state – of – the art” Boeing 777-300ER tersebut nantinya akan melayani rute penerbangan Jakarta – Jeddah pada bulan Juli dan rute Sydney – Jakarta – London pada akhir tahun 2013 nanti. Selain dilengkapi “first class” dengan layanan “chef on board” yang siap menyajikan “fine dining” sesuai pesanan penumpang di ketinggian lebih dari 35.000 kaki, pesawat ini juga dilengkapi layanan “wi-fi” sehingga penumpang tetap dapat melanjutkan aktifitas bisnisnya dalam penerbangan maupun mengakses hiburan lainnya seperti menonton pertansingan bola di channel olah raga yang disiapkan, yang disiarkan secara langsung, serta hiburan lainnya. Sebagai kelanjutan dari program pengembangan armada, pada tahun 2013 ini Garuda Indonesia akan menerima 24 armada baru yang terdiri dari empat Boeing 777-300 ER, tiga Airbus A330, sepuluh Boeing 737-800NG, dan tujuh Bombardier CRJ1000 NextGen. Jakarta, 18 Juni 2013 sumber : http://www.garuda-indonesia.com/id/news-and-events/news/garuda-indonesia-raih-worlds-best-economy-class-2013-dari-skytrax-di-paris-airshow.page?
PT GARUDA INDONESIA (PERSERO)
VP CORPORATE COMMUNICATIONS